in

Rekomendasi Text Editor Terbaik Untuk Mengembangkan Web

Rekomendasi Text Editor Terbaik Untuk Mengembangkan Web – Halo, selamat datang kembali di seri belajar HTML di kodedev.com

Pada artikel sebelumnya kita telah belajar mengenai dasar-dasar untuk membuat dokumen HTML. Setelahnya, pasti muncul pertanyaan. Bagaimana cara agar sintak atau kumpulan kode html yang telah dibuat tersebut bisa dilihat melalui browser? Nah, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuka dokumen html yang telah kita buat melalui browser dan merekomendasikan beberapa text editor yang mudah digunakan dan bisa Anda pakai untuk belajar ngoding.

Apa itu Text Editor?

Untuk menjalankan dokumen HTML pada browser kita sebenarnya bisa menggunakan Notepad biasa. Caranya kita bisa mencari menu File > Save As. Sebelum menyimpan, ubah Save as type menjadi All Files kemudian tambah ekstensi .html pada file. Tetapi ketika membuat halaman web dengan source code yang kompleks, kita harus menggunakan sebuah text editor.

Jadi, apa itu text editor? Text editor merupakan software yang digunakan untuk menulis kode program. Text editor biasanya digunakan web developer untuk mendesain halaman webnya. Dengan menggunakan text editor kita akan dipermudah dalam menulis kode, karena text editor umumnya memiliki fitur seperti syntax highlighting, blok komentar, line number, dan sebagainya yang membantu dalam proses menulis source code.

Rekomendasi Code Editor Dari Kodedev

  1. Visual Studio Code
vscode

Visual Studio Code atau biasanya disebut VS Code merupakan text editor favorit dan yang saya gunakan saat ini. VS Code dibuat oleh Microsoft untuk sistem operasi multiplatform (support untuk Windows, Mac, dan Linux). VS Code juga mendukung banyak bahasa pemrograman seperti php, javascript, pyhon, dan lain sebagainya. Tentunya VS Code juga mendukung bahasa markup seperti html dan css, sehingga sangat bagus jika digunakan untuk mengembangkan web. Selain itu fitur yang sangat membantu yang ada di VS Code adalah fitur extension yang bisa menambah kemampuan text editor.

VS Code juga di-update secara berkala setiap bulannya dan bersifat open source, yang artinya kita bisa membantu berkontribusi dalam pengembangan software ini. Kelebihan lainnya adalah kita bisa menginstall software ini secara gratis dan sangat ringan saat dijalankan.

2. Sublime Text

sublime text

Jika anda pemula, saya merekomendasikan untuk menggunakan Sublime Text sebagai text editor. Sublime Text sangat simple dan mudah digunakan, namun memiliki banyak fitur, dapat dijalankan diberbagai platform sistem operasi, serta mendukung banyak bahasa pemrograman dan bahasa markup.

Fitur yang sangat membantu yang ada di Sublime Text adalah fitur Go to Definitions dan Go to Anything, dengan fitur ini kita bisa mencari bagian source code yang diinginkan dengan cepat dan mudah. Sublime Text dapat di-install secara gratis, tetapi anda bisa beralih ke mode premium dengan membeli lisensi dari Sublime.

3. Notepad++

notepad++

Rekomendasi text editor berikutnya adalah Notepad++, yang merupakan penyempurnaan dari aplikasi Notepad bawaan Windows. Dibanding text editor sebelumnya, Notepadd++ memiliki tampilan yang lebih serderhana dan sangat ringan. Notepad++ juga dapat di-install secara gratis dan bersifat open source.

4. Atom

atom

Atom adalah text editor yang dikembangkan oleh Github. Atom memiliki banyak fitur, contohnya seperi Packages, Costumize. dan Search yang mudah digunakan. Hanya saja Atom cukup berat untuk dijalankan jika dibandingkan dengan tiga text editor sebelumnya. Kelebihan lainnya adalah Anda bisa meng-install Atom secara gratis tanpa menggunakan lisensi apapun dan bersifat open source.

Penutup

Bagaimana? Apakah setelah membaca artikel ini Anda telah menentukan text editor yang akan Anda gunakan untuk membuat halaman web? Menurut saya keempat text editor di atas sudah sangat mudah digunakan dan cukup lengkap dari segi fitur. Serta dapat digunakan secara free alias tidak perlu membayar. Jadi tunggu apa lagi? Anda bisa meng-installnya dan kita siap untuk belajar ngoding.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by dedy wira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

java class

Penjelasan Class Java Komponennya

java method

Penjelasan Method di Bahasa Pemrograman Java