in

Membuat Program Java Pertama tanpa IDE

Menulis dan menjalankan program java bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara manual dan dengan bantuan IDE atau integrated development environment

Tentu menggunakan IDE jauh lebih mudah dibanding cara manual, tetapi dibalik itu ada harga yang harus dibayar. Pemula yang menggunakan ide sejak pertama kali menulis program java biasanya akan kesulitan memahami bagaimana bahasa java sebenarnya bekerja. karena dalam ide seorang penulis program hanya tinggal menulis dan ketika ingin menjalankan program sudah ada tombol “run”. hal ini membuat proses kerja akan jauh lebih cepat.

Akan tetapi kita sebagai pemula akan jauh lebih baik menggunakan cara manual terlebih dahulu agar tau bagaimana sebenarnya bahasa ini bekerja. Kemudian setelah paham dengan cara manual baru dilanjutkan ke penggunaan IDE sebagai alat bantu

Sebelum menulis dan menjalankan program java, hal pertama yang harus dipastikan adalah di komputer sudah terpasang Java Development Kit. Jika belum, Anda bisa membaca bagaimana cara memasang Java Development Kit disini.

Kedua harus ada text editor, text editor boleh apa saja, notepad, notepad++,sublime text, atom dll. Sebagai contoh tutorial ini menggunakan notepad biasa.

1. Buka text editor, kemudian tuliskan kode seperti dibawah ini, kode dibawah dinamakan source code java

contoh program pertama java

2. Simpan dengan cara klik save as kemudian pilih save as type “all file” dan masukan nama file “latihan.java”

3. buka cmd dan arahkan ke dalam folder tempat file source code “latihan.java” yang tadi disimpan

4. Sekarang kita harus mengkompilasi source code tadi menjadi Bytecode dengan menggunakan program compiler java yang bernama “javac” tulis dalam cmd “javac latihan.java”

Maksud dari “javac latihan.java” adalah kita menjalankan program dengan nama “javac” yang merupakan program compiler java.

Kita memberikan file input yaitu “latihan.java” kemudian program compiler ini akan menerjemahkan file input menjadi file output yaitu “latihan.class”

Bytecode class java

5. Bytecode yang dihasilkan oleh compiler yaitu berupa “latihan.class”, dijalan oleh JVM atau Java Virtual Machine. Program Java Virtual Machine dalam komputer bernama java.

Untuk menjalankan file latihan.class maka cukup dengan cara mengetikan “java latihan” pada cmd. Kita tidak perlu mengetikan latihan.class karena cukup dengan menyebutkan nama filenya saja yaitu “latihan”

Horee, kita sudah menjalankan sebuah program java. Yaitu berupa tulisan “Hello World” pada layar komputer

Dibawah adalah Source Code Java dilengkapa dengan penjelasannya

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Written by sogun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instal JDK

Cara Menginstal Java Development Kit

elemen source code

Elemen-elemen dalam Source Code Java